Minggu, 17 Maret 2013

http://ashraf-sahih-haza.scriptintermedia.com/index.php/artikel/504-sayangi-ginjal-dengan-10-makanan-ini

Sayangi ginjal dengan 10 makanan ini

Masih dalam suasana hari ginjal sedunia yang jatuh pada hari kamis minggu kedua di bulan Maret kemarin, apakah Anda sudah menyayangi ginjal Anda? Walaupun ukurannya kecil, ginjal sangat berarti bagi kesehatan kita seperti menyaring darah, menghasilkan hormon, menjaga keseimbangan asam basa dan lainnya. Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Berikut 10 makanan yang baik untuk ginjal dilansir boldsky.

1. Bawang putih
Bawang putih merupakan makanan super yang memiliki anti-oksidan dan anti-pembekuan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Bawang putih juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.

2. Berries
Berries seperti stroberi, cranberry, raspberry dan blueberry sangat ramah pada ginjal. Berries mengandung anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih.

3. Paprika merah
Orang dengan atau tanpa penyakit ginjal harus menyertakan paprika merah dalam makanan mereka. Paprika ini rendah kalium dan kaya akan vitamin (A, C dan B6), asam folat dan serat yang menjaga ginjal sehat dan juga mencegah beberapa jenis kanker.

4. Kecambah
Kecambah membersihkan ginjal dan mengurangi kemungkinan batu ginjal. Lebih baik dikonsumsi mentah daripada dimasak terlebih dahulu.

5. Kubis
Kubis meningkatkan fungsi ginjal dan sering digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan menyehatkan ginjal.

6. Apel
Anggur, ceri dan apel adalah buah-buahan yang sehat yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Anda harus rutin menyantap apel setiap harinya.

7. Minyak zaitun
Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik yang baik untuk jantung. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi asam lemak yang menurunkan oksidasi dan berkhasiat pada ginjal.

8. Bawang merah
Bawang dikonsumsi untuk menyembuhkan batu ginjal secara alami. Bawang merah berfungsi sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal.

9. Ceri
Ceri kaya akan vitamin dan rendah protein. Jadi, ceri dianjurkan untuk mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.

10. Ikan
Ikan banyak mengandung Omega-3 mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga melindungi ginjal dari penyakit. Ikan salmon, mackerel, herring dan tuna merupakan jenis ikan sehat yang baik untuk ginjal.

Anda bisa mengonsumsi salah satu atau beberapa dari daftar makanan di atas demi kesehatan ginjal Anda. Sayangi ginjalmu untuk kesehatan yang lebih baik.


sumber:merdeka.com

Senin, 04 Maret 2013

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=312248158898550&id=272288279561205 
... 32 AMALAN KEBAIKAN BERPAHALA SANGAT BESAR ...

Bismillahir-Rahmaanir-Rahim ... Risalah di bawah ini mengulas sedikit tentang beberapa amalan yang mudah dilaksanakan dan akan mendapatkan ganjaran pahala yang sangat besar dengan karunia dari Allah SWT.

Amalan-amalan ini banyak dilalaikan dan diremehkan oleh sebagian besar manusia, padahal di dalamnya terdapat banyak pahala. Adapun amalan-amalan itu adalah sebagai berikut:

1. Memperbanyak sholat di al-Haramain asy-Syarifain (Masjid Haram dan Masjid Nabawi). Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah ra.

Rasulullah saw. bersabda: Shalat di masjidku ini lebih afdhal dari 1000 sholat di masjid lainnya kecuali masjid Haram, dan sholat di masjid Haram lebih afdhal dari 100.000 sholat di masjid lainnya. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah). Dan sholat seorang wanita di rumahnya lebih baik daripada sholat di masjid Haram dan masjid Nabawi.

2. Sholat di masjid Quba ...

Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang keluar hingga sampai ke masjid ini, masjid Quba`, lalu sholat di dalamnya, maka baginya pahala yang sama dengan (pahala) umroh. (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)

3. Rutin melaksanakan sholat Dhuha ...

Dan waktu yang terbaik untuk melaksanakannya adalah ketika matahari sudah semakin terik,

Rasulullah saw. bersabda: Sholatnya orang-orang yang bertaubat adalah ketika unta kecil telah merasakan panasnya (matahari). (HR. Muslim)

4. Menggandakan istighfar ...

Seperti dengan membaca doa: Ya Allah, ampunilah orang-orang mukminin dan mukminat, orang-orang muslimin dan muslimat, baik yang masih hidup di antara mereka maupun yang sudah meninggal.

Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang meminta ampun untuk orang-orang mukmin dan mukminat maka Allah akan menuliskan untuknya setiap mukmin dan mukminat satu kebaikan. (HR. Thabrani)

5. Qiyamul Lail pada saat Lailatul Qodar ...

Tahukah Anda bahwa pahala orang yang melaksanakan qiyamul lail pada saat lailatul qodar lebih afdhal dari pahala ibadah selama kira-kira 83 tahun lebih 3 bulan? Allah swt. berfirman:

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. Al-Qodar: 1-5)

6. Menggandakan tasbih. Yaitu dengan membaca: Maha suci Allah dan dengan memuji-Nya sebanyak makhluk-Nya, keridhoan diri-Nya, seberat Ars-Nya, dan sepanjang kalimat-Nya.

7. Membaca doa ketika akan memasuki pasar ...

Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang memasuki pasar maka hendaklah ia membaca

[Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumiitu, wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khoir, wa huwa `alaa kulli syai`in qodiir]

(Tiada Tuhan selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian, Yang menghidupkan dan Mematikan. Ia hidup dan tidak mati, di Tangan-Nya kebaikan dan Ia Maha Kuasa atas segala sesuatu.),

maka Allah akan menulis baginya satu juta kebaikan, dihapuskan darinya satu juta kejelekan dan diangkat derajatnya satu juta derajat. Dan dalam riwayat lain disebutkan: Dan akan dibangun untuknya rumah di surga. (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim)

8. Berumroh di bulan Romadhon ...

Karena berumroh di bulan Romadhon sama dengan berhaji sekali. Sebagaimana sebda Rasulullah saw. kepada Ummu Sinan: Bila bulan Romadhon tiba maka berumrohlah karena berumroh di saat tersebut sama dengan berhaji sekali. Atau bersabda: sama dengan berhaji bersamaku. (Muttafaqun `alaihi)

9. Mengamalkan adab-adab pada hari Jumat ...

Rasulullah saw. bersabda: Siapa yang memandikan atau mandi lalu bersegera dan berjalan kaki, tidak dengan mengendarai sesuatu, lalu mendekati imam, menyimak dan tidak bercanda, maka baginya setiap langkah amal setahun pahala puasa dan sholatnya. (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasai).

10. Puasa Sunnah ...

Nabi saw. menganjurkan untuk memperbanyak puasa sunnah dalam beberapa hari tertentu dalam satu tahun, misalnya puasa dua hari (Senin dan Kamis), hari-hari putih (13, 14, 15 setiap bulan Hijriah), bulan Sya`ban, enam hari di bulan Syawal, Muharrom, puasa hari Arafah bagi selain jemaah haji dan pada hari Asyura.

Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang berpuasa satu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya (dirinya) dari api neraka sejauh 70 tahun perjalanan. (HR. Ahmad)

11. Memberi buka puasa bagi orang-orang yang berpuasa ...

Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang memberi buka pada orang yang berpuasa maka baginya sama dengan pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun. (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

12. Memperbanyak ucapan ~Laa haula walaa quwwata illaa billah~ (Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah) ...

Karena ucapan ini adalah salah satu kekayaan surga, sebagaimana dijelaskan dalam salah satu hadits Muttafaqun `alaihi dari Rasulullah.

13. Memenuhi kebutuhan manusia ...

Rasulullah saw. bersabda dalam salah satu hadits yang panjang: Aku berjalan beriring dengan saudaraku sesama muslim dalam suatu keperluan lebih aku senangi daripada beri`tikaf di masjid selama satu bulan. (HR. Thabrani dan ditahsin oleh Al-Albani).

14. Sholat dua rokaat (Shalat Isyroq) setelah terbitnya matahari.

Dari Anas bin Malik ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah lalu duduk-duduk berdzikir kepada Allah hingga terbitnya matahari kemudian sholat dua rokaat maka ia akan mendapatkan pahala haji dan umroh. Beliau berkata: Rasulullah saw. bersabda: Sempurna, sempurna, sempurna. (HR. Tirmidzi dan ditahsin oleh Al-Albani)

15. Menyantuni anak yatim ...

Dari Sahal bin Saad bahwa Rasulullah saw. bersabda: Saya dan pengasuh anak yatim di surga seperti ini. (HR. Bukhari) Beliau memberi isyarat dengan kedua jarinya, jari telunjuk dan tengah. Dan Anda bisa melakukan itu melalui salah satu yayasan atau lembaga sosial lainnya.

16. Senantiasa sholat jenazah ...

Dari Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: Siapa yang menghadiri jenazah hingga disholati maka baginya pahala satu qirath, dan siapa yang menghadirinya hingga dimakamkan maka ia akan mendapatkan dua pahala qirath. Dikatakan kepada beliau: Apakah qirath itu? Beliau menjawab: Yaitu seperti dua gunung yang besar. (Muttafaqun `alaihi)

17. Memperbanyak sholawat untuk Nabi saw ...

Jadi barangsiapa yang bersholawat untuk nabi saw. sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali, dan akan menjadi manusia paling utama nanti pada hari kiamat. Allah swt. mewakilkan malaikat yang berkeliling menyampaikan salam ummatnya kepada nabi mereka.

18. Sholat Isya dan Subuh secara berjamaah ...

Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa yang sholat isya secara berjamaah maka seakan-akan ia telah melaksanakan sholat tengah malam, dan barangsiapa yang sholat subuh berjamaah maka seakan- akan ia telah melaksanakan sholat sepanjang malam. (HR. Muslim)

19. Membaca tasbih, tahmid, dan takbir ...

Masing-masing 33 kali pada setiap selesai sholat, lalu membaca: ~laa ilaaha illallahu, wahdahuu laa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu, wahuwa `alaa kulli syai`in qodiir~. Ucapan ini memiliki keutamaan yang sangat besar sebagaimana diriwayatkan dalam hadits tentang orang-orang fakir Muhajirin yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah (hadits panjang Muttafaqun `alaihi) dalam bab Dzikir-dzikir yang dibaca setelah sholat fardhu.

20. Dakwah kepada Allah dan menasihati orang lain ...

Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun. Dan barangsiapa yang mengajak kepada kesesatan maka ia pun akan menanggung dosa yang sama dengan dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosanya sedikitpun. (HR. Muslim).

Jadi bila Anda menasihati orang lain untuk menuju Allah maka pahala nasihat itu ukan mengalir untukmu selama nasihat itu masih berguna bagi dirinya hingga hari kiamat. Misalnya dengan menyebarkan kebaikan seperti tulisan-tulisan yang ada di hadapan Anda sekarang ini, maka Anda akan mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya hingga hari kiamat dengan adzin Allah swt.

21. Sholat empat rokaat sebelum ashar ..

Sabda Rasulullah saw.: Semoga Allah merahmati seseorang yang sholat 4 rokaat sebelum ashar. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Empat rokaat itu dilakukan dengan dua salam setelah adzan dan sebelum iqomah (shalat Qabliyah).

22. Mengunjungi orang yang sakit ...

Sabda Rasulullah saw.: Barangsiapa mengunjungi orang yang sakit, maka ia akan tetap di khurfah surga. Rasulullah saw. ditanya: Apakah khurfah surga itu wahai Rasulullah? Beliau menjawab: Buah surga yang dipetik. (HR. Muslim) Dan Anda akan didoakandiampuni oleh 70.000 malaikat. (Sebagaimana yang terdapat dalam hadits panjang.)

23. Puasa, mengikuti jenazah, menengok orang yang sakit, dan memberi makan orang miskin ..

Bila semua ini terkumpul pada seorang muslim pada satu hari maka ia akan masuk surga dengan karunia Allah, sebagaimana yang terjadi pada diri Abu Bakar ra., di mana Rasulullah saw. bersabda dalam hadits yang panjang: Tidaklah hal itu semua berkumpul pada seseorang kecuali ia akan masuk surga. (HR. Muslim)

24. Mengadakan perdamaian di antara manusia ...

Allah swt. berfirman: Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi shodaqoh atau berbuat ma`ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. (QS. An-Nisa: 114). Dan banyak hadits yang menunjukkan keutamaan hal itu.

25. Memperbanyak ucapan~Subhaanallahi walhamdulillahi walaailaaha illallahu wallahu akbar ...

Ucapan ini lebih afdhal daripada hari terbitnya matahari, sebagaimana terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Nabi saw.. Ucapan ini juga termasuk yang paling disenangi oleh Allah swt. sebagaimana dalam hadits shohih.

26. Membaca QS. Al-Ikhlas berulang-ulang ...

Karena surat ini sebanding dengan sepertiga Al-Quran dalam hal pahala dan kandungan maknanya, di mana surat ini mengandung Tauhid, pengagungan dan penghormatan kepada Allah swt.. Rasulullah saw. bersabda: Qul huwallahu ahad, sebanding dengan sepertiga Al-Quran, dan Qul yaa ayyuhal kaafirun, sebanding dengan seperempat Al-Quran. (HR. Thabrani dan ditashih oleh as-Suyuti dan al-Albani). Dan perlu diperhatikan bahwa sepertiga dalam keutamaan tidak berarti merasa cukup membacanya dan meninggalkan bacaan surat-surat Al-Quran lainnya.

27. Shodaqoh jariyah ...

Misalnya dengan membantu pembangunan masjid, penggalian sumur, madrasah, tempat pengungsian, pendidikan anak tentang agama yang benar dan adab-adab Islam serta pendidikan anak untuk selalu melakukan kebaikan, karena bila anak Adam meninggal maka amalannya akan terputus kecuali tiga hal, di antaranya adalah anak sholeh yang mendoakan orang tuanya. Termasuk pula mencetak, menyebarkan dan membagikan buku-buku dan kaset-kaset yang berguna ataupun memberikan dukungan dana melalui kantor-kantor kerjasama dakwah, penyuluhan dan bimbingan untuk orang-orang asing atau yayasan dan lembaga keagamaan.

28. Sholat empat rokaat sebelum dhuhur dan empat rokaat setelahnya (qabliyah dan badiyah) ...

Dari Ummu Habibah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang senantiasa melaksanakan sholat sunnat 4 rokaat sebelum dhuhur dan 4 rokaat setelah dhuhur maka Allah akan mengharamkan baginya neraka. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Empat rokaat itu dengan dua salam antara adzan dan iqomah, dan 4 rokaat dengan dua salam setelah sholat dhuhur.

29. Qiyamul Lail, menyebarkan salam dan memberi makan ...

Dari Abdullah bin Salam ra., Nabi saw. bersabda: Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makan dan sholatlah di waktu malam sementara manusia sedang tidur, maka kalian akan masuk surga dengan selamat. (HR. Tirmidzi)

Rasulullah saw. juga bersabda: Sholat yang paling afdhal setelah sholat fardhu adalah sholat lail. (HR. Muslim)

30. Mengikuti ucapan muadzin ...

Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang membaca ketika mendengar adzan:

~Allahumma rabba hadzihidda`watittaammati washsholatil qooimati aati Muhammadanil wasiilata walfadhiilata wab`atshu maqoomam mahmuudanilladzi wa `adtah~

(Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna ini (adzan) dan sholat (wajib) yang ditegakkan ini. Berilah wasilah (derajat yang tinggi) dan fadhilah kepada Rasulullah dan bangkitkanlah beliau pada maqom yang terpuji yang telah Engkau janjikan.)

Maka ia berhak mendapatkan syafaatku nanti pada hari kiamat. (HR. Bukhari)

31. Memperbanyak membaca dan menghapal Al-Quran ...

Allah swt. berfirman: Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. (QS. Faathir:29).

Dari Ibnu Mas`ud ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah maka baginya satu kebaikan dan kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan bahwa `alif laam mim` itu satu huruf, tetapi `alif` satu huruf, `laam` satu huruf, dan `mim` satu huruf. (HR. Tirmidzi dan berkata: Hadits hasan shohih)

32. Memperbanyak dzikir kepada Allah ...

Sabda Rasulullah saw.: Maukah kalian aku kabarkan kepada kalian amalan yang paling baik dan suci yang kalian miliki, yang paling tinggi dalam derajat kalian, paling baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak dan lebih baik daripada ketika kalian bertemu musuh lalu kalian memenggal lehernya atau mereka memenggal leher kalian? Mereka menjawab: Tentu. Beliau bersabda: Yaitu dzikir kepada Allah Ta`ala. (HR. Tirmidzi)

Catatan: Untuk Nomor 1, Nomor 2, dan Nomor 8, Insya Allah dapat terlaksana jika sekiranya kita berkunjung ke Makkah Al Mukarram (Arab Saudi).

Wallahu’alam bishshawab, ..
#Semoga kita dapat mengambil pengetahuan yang bermanfaat dan bernilai ibadah ....

Wabillahi Taufik Wal Hidayah, ...

Salam Terkasih ..
Dari Sahabat Untuk Sahabat ...

... Semoga tulisan ini dapat membuka pintu hati kita yang telah lama terkunci ...

Sabtu, 02 Maret 2013

Madu - bermanfaat buat tubuh, semua orang tidak suka di madu.

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga . Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

Analisa madu secara umum:

Fruktosa: 38.2%
Glukosa: 31.3%
Maltosa: 7.1%
Sukrosa: 1.3%
Air: 17.2%
Gula paling tinggi: 1.5%
Abu (analisis kimia):0.2%
Lain-lain: 3.2%

Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air


[Madu di dalam sejarah manusia]

Madu merupakan produk berharga hasil olahan lebah yang berasal dari sari bunga, adalah bahan pemanis utama di zaman kuno, jauh sebelum gula tebu dikenal.

Pada zaman dahulu, madu sempat dianggap sebagai zat magis dan barang siapa yang meminumnya, akan memperoleh hidup abadi layaknya para dewa. Dionysus, dewa anggur dalam mitologi Yunani kuno, dikisahkan telah menemukan bahwa sungai yang terdapat di Gunung Parnassus dialiri oleh madu. Dan bangsa Romawi kuno memakan madu sebagai bagian dari perayaan Tahun Baru mereka.

Orang mesir kuno sebenarnya telah menyadari manfaat dari lebah dan produk yang dihasilkannya. Masyarakat mesir kuno menaruh hormat yang tinggi pada lebah. Mereka sering menggunakan lebah sebagai figur dari ornament-ornament yang mereka buat bahkan madu juga digunakan sebagai sesaji kepada dewa-dewa. Firaun pun mengambil figur lebah sebagai simbol kerja keras dan pengabdian total pada sang ratu. Madu pada jaman Mesir kuno digunakan sebagai bahan obat-obatan mereka. Selain itu madu juga digunakan sebagai pengawet mumi raja mesir kuno. Bahkan Ratu Cleopatra pun mengakui manfaat madu ia menggunakan madu untuk merawat kesehatan dan menjaga kecantikannya.

Orang Mesir kuno bukanlah hanya yang kagum pada lebah dan madu, orang Yunani kuno pun juga mengagumi lebah dan produk-produknya tersebut. Hypocrates yang dikenal sebagai bapak kedokteran modern menyatakan bahwa madu dapat menghangatkan kita, menutup luka, menyembuhkan alergi dan sakit tergores. Dia secara teatur juga mengkonsumsi madu dan dia dapat mencapai usia 107 tahun. Aristoteles beranggapan bahwa madu memiliki sifat yang unik yang dapat meningkatkan kesehatan manusia dan memperpanjang usia, dimana yang dimaksud memperpanjang usia adalah saat usia tua masih mempunyai stamina yang kuat serta jarang menjumpai penyakit. Democritus yang dikatakan mampu memecahkan teka-teki atom pun mengkonsumsi madu untuk diet yang dilakukannya dan akhirnya meninggal pada usia 109 tahun. Phytagoras beserta muridnya juga merupakan pengkonsumsi setia madu, mereka percaya bahwa madu dapat memperpanjang usia dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Bapak kedokteran dunia, yang juga dikenal sebagai pemuka islam terkemuka, Ibnu Sina banyak mengulas tentang madu dalam dunia kesehatan. Menurutnya madu dapat menyembuhkan penyakit dari yang ringan hingga berat, seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Madu juga membantu mengatur sekresi, sehingga dapat menghilangkan penyakit demam, dan juga untuk kecantikan. Menurutnya madu dan zaitun dapat digunakan sebagai kosmetik yang memiliki berbagai macam khasiat. Madu dan zaitun dapat membantu untuk mengecangkan kulit, menghilangkan flek hitam dan jamur kulit, serta dapat menghilangkan bau badan yang tak sedap.


[Manfaat Madu untuk Manusia]

1. Madu untuk Sumber energi

Pada masa lalu, para atlet Romawi dan Yunani kuno meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat untuk stamina dan pemulih energi. Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan ini karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan jadi madu adalah sumber energi instan. Hingga kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan dan sebagai pengganti karbohidrat yang digunakan pada saat latihan.

2. Madu Seefektif glukosa

Hasil riset yang dikeluarkan sebuah jurnal kesehatan menyebutkan kadar glycemic index (GI ukuran untuk mengukur dampak negatif makanan dalam gula darah) yang rendah pada madu memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga lebih menyehatkan sistem pencernaan dan menjamin ketersediaan karbohidrat selama berolahraga. Sementara itu, Laboratorium Nutrisi di Universitas Mempish menyatakan bahwa madu seefektif glukosa pengganti karbohidrat selama pemanasan.

3. Madu untuk Penyembuh luka

Dalam dunia pengobatan masyarakat Yunani dan Romawi memelopori penggunaan madu untuk mengobati hidung tersumbat sementara itu bangsa mesir kuno menjadi pelopor pemanfaatan madu untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.

4. Madu Sebagai antibiotik

Setelah ribuan tahun digunakan, khasiat madu sebagai obat luka terungkap secara ilmiah. Madu bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan anti septik luar biasa. Proses osmosis di dalam madu membasmi bakteri kekentalan madu yang sedikit mengandung air menghasilkan proses osmosis menyerap air dari bakteri pada luka dan luka bakar, tak ubahnya spons menyerap air. Madu mengeringkan bakteri sehingga bakteri sulit tumbuh.

5. Madu untuk Membunuh kuman

Kandungan gizi yang luar biasa antara lain asam amino bebas dalam madu mampu membantu penyembuhan penyakit. Madu mengandung zat antibiotik yang berguna untuk mengalahkan kuman patogen penyebab panyakit infeksi. Mengikuti bangsa mesir kuno setelah menempuh kajian untuk menemukan fakta ilmiah, salep madu untuk luka kini di produksi di Australia.

6. Madu untuk Terapi

Bangsaa Mesir dikenal paling piawai meramu obat dari bahan-bahan alami. Madu termasuk dalam 500 resep obat dari 900 resep yang diketahui. Pengobatan modern yang mengacu pada terapi kuno penggunaan madu dari Mesir puas dengan hasilnya.

7. Madu untuk Mengobati borok

RS Universitas Wisconsin Medical School and Public Health misalnya, Menerapkan terapi madu bagi borok yang diderita penderita diabetes. Uji coba terhadap seorang pasien berusia 79 tahun berhasil menyembuhkan borok pada jari kakinya. Sang pasien bahkan tidak jadi diamputasi berkat terapi madu tersebut.

8. Madu untuk Antioksidan

Di Selandia Baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang terlalu lama terbaring di ranjang rumah sakit. Di Uni Emirat Arab, terapi madu untuk luka akibat herpes bibir dan alat kelamin mempercepat penyambuhan dan mengurangi rasa sakit. Sementara itu untuk membuktikan peran madu sebagai antioksidan peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan. Riset di Universitas Purdue itu menyimpulkan, konsumsi suplemen kalsium bersama madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

9. Madu untuk Awet muda

Mengapa Ibu Suri Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth berumur panjang? Bisa diyakini, madu berperan besar dalam menjaga kesehatan sehingga membuat keduannya berumur panjang. Bagi keluarga Kerajaan inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. Manis alami madu digunakan di Inggris hingga pertengahan abad ke-17. Kebiasaan tersebut sempat berubah ketika gula yang dianggap lebih berkelas mulai di produksi. Namun setelah gula semakin meluas pemakaiannya tak lagi terbatas pada kalangan atas, keluarga kerajaan kembali mengkonsumsi madu. Itulah sebabnya kesehatan mereka terjaga dengan baik.

[Lebah dan Madu didalam Islam]

Segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT. Pasti tidak ada yang sia-sia. Di antara ciptaan Sang Khalik yang istimewa adalah lebah. Serangga yang satu ini menempati posisi penting di banding serangga lainnya.Tak heran jika lebah dijadikan salah satu nama surat dalam al-Quran. Surat ke-16 dalam al-Quran adalah An-Nahl, yang berarti lebah. Secara khusus, surat Makiyyah tersebut di namakan An-Nahl atau lebah, karena pada ayat ke-68 terdapat Firman Allah SWT yang berbunyi, (artinya) “Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibikin manusia.”

Kemudian : “…Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl: 69)


Sumbernya :

http://id.wikipedia.org/wiki/Madu
http://www.maduturki.com/2012/10/madu-dalam-pandangan-islam.html
http://manfaatmadu.com/
http://www.facekom.info/2011/07/sejarah-madu-sebagai-pemanis-pertama-di_2019.html#ixzz2LzSWwJNw
http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2297808-sejarah-penggunaan-lebah-dan-madu/#ixzz2LzTS9IK9
Suka · ·
tpukskecwonosari@yahoo.com # 1
USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS)
TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD/MI)


1.  LATAR BELAKANG
Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah adalah upaya pendidikan dan
kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan
bertanggungjawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan
membimbing untuk menghayati menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari.
Merupakan program terpadu 4 departemen : Departemen Pendidikan Nasional,
Departemen Kesehatan, Departemen Dalam Negeri, Departemen Agama.
2.  PENGERTIAN
Yang dimaksud dengan UKS adalah segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan
kesehatan anak usia sekolah dan lingkungan sekolah serta seluruh warga sekolah pada
setiap jalur, jenis, jenjang pendidikan mulai TK/RA sampa SMA/SMK/MA
3.  TUJUAN
Tujuan UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar  peserta
didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dan derajat kesehatan peserta
didik maupun warga sekolah serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga
memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam
rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.
4.  SASARAN
Sasaran UKS adalah peserta didik sekolah / madrasah, Satuan Pendidikan Luar Sekolah,
Guru, pamong Belajar, Pengelola Pendidikan, pengelola Kesehatan dan masyarakat.
5.  ORGANISASI UKS
a.  Tim Pembina
Pembinaan dan Pengelolaan UKS yang dilaksanakan dalam organisasi UKS adalah
Tim Pembina dan Tim Pelaksana.
Tim Pembina UKS tingkat Kecamatan ( Tim Pembina UKS Kecamatan)
Tim Pembina UKS tingkat Kabupaten ( Tim Pembina UKS Kabupaten) tpukskecwonosari@yahoo.com # 2
Tim Pembina UKS tingkat Propinsi ( Tim Pembina UKS Propinsi)
Tim Pembina UKS tingkat Pusat ( Tim Pembina UKS Pusat)

Tugas dan Fungsi Tim Pembina UKS Kecamatan (TP UKS Kecamatan)
1.  Tugas :
a.  membina dan melaksanakan UKS
b.  mensosialisasikan Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan UKS,
c.  menyusun program, melaksanakan penilaian/evaluasi dan menyampaikan
laporan kepada Tim Pembina UKS Kabupaten
d.  mengkoordinasikan pelaksanaan program UKS di wilayahnya.
e.  membuat laporan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan
UKS pada Tim Pembina UKS Kabupaten,melaksanakan ketatausahaan
Tim Pembina UKS Kecamatan
2.  Fungsi :
Tim Pembina UKS Kecamatan berfungsi sebagai pembina, penanggungjawab
dan pelaksana progran UKS di daerah kerjanya berdasarkan kebijakan yang
ditetapkan TP UKS Kabupaten.

b.  Tim Pelaksana

Sedang untuk Tim Pelaksana berkedudukan di sekolah yang merupakan pelaksana
dan penanggungjawab kegiatan UKS di sekolah :
 tpukskecwonosari@yahoo.com # 3
SUSUNAN TIM PELAKSANA UKS
SD/MI _____________________

PEMBINA  :  Lurah
KETUA  :  Kepala Sekolah / Kepala Madrasah
SEKRETARIS I  :  Guru Pembina UKS
SEKRATARIS II  :  Ketua Komite Sekolah/Majelis Madr
ANGGOTA  :
1. Unsur Komite Sekolah
2. Petugas UKS/ Bidan (Puskesmas)
3. Unsur Guru
4. Unsur Siswa


BAGAN ORGANISASI TIM PELAKSANA UKS
(DI SEKOLAH)




P
E
M
B
I
N
A
L
u
r
a
h
/
K
e
p
a
l
a

D
e
K
E
T
U
A
K
e
p
a
l
a

S
e
k
o
l
a
S
e
k
r
e
t
a
r
i
s

I
G
u
S
e
k
r
e
t
a
r
i
s

I
ANGGOTA
1.  Unsur Komite Sekolah
2.  Petugas UKS Puskesmas
3.  Unsur Guru
4.  Unsur Siswa (Dokter Kecil, Kader Kes,OSIS) tpukskecwonosari@yahoo.com # 4
6.  LOGO UKS












7.  RUANG LINGKUP UKS
Kegiatan meliputi : (TRIAS UKS)
1.  Pendidikan Kesehatan
2.  Pelayanan Kesehatan
3.  Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat

8.  MATERI
a.  Pendidikan Kesehatan :
1.  Kebersihan dan Kesehatan Pribadi
Pemberian pengetahuan cara pemelihara kebersihan dan kesehatan pribadi
diharapkan peserta didik dapat meningkatkan derajat kesehatannya ke tingkat
yang lebih baik.
Tujuan pendidikan kesehatan pribadi :
a.  Meningkatkan pengetahuan siswa mengenai masalah kebersihan
perorangan, kesehatan keluarga dan kesehatan masyarakat.
b.  Merubah sikap mental kearah positif mencintai kebersihan, berbuat dan
berperilaku hidup bersih dan sehat. tpukskecwonosari@yahoo.com # 5
c.  Meningkatkan ketrampilan siswa agar mampu hidup bersih dan sehat
untuk dirinya, keluarga dan lingkungan.
Upaya peningkatan kesehatan, kebiasaan hidup bersih, menyenangi kebersihan
dan keserasian harus ditanamkan sejak dini.
Hal paling utama agar seorang dapat tetap dalam keadaan sehat adalah
menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri,  bahkan agama sangat
memperhatikan kesehatan pribadi antara lain dengan aturan bersuci, makan
dan minum serta keringanan beribadah bagi yang sakit.
2.  Memelihara Kebersihan Pribadi
Kebersihan pangkal kesehatan, oleh karenanya setiap orang harus selalu
berupaya memelihara dan meningkatkan taraf kebersihan pribadi dengan :
a.  Membiasakan Hidup Bersih dan Sehat
Kebiasaan baik maupun buruk biasanya terjadi tanpa disadari oleh yang
memiki kebiasaan itu karena kebiasaan merupakan hal terbentuk dalam
jangka waktu yang cukup lama sehingga seolah-olah telah menjadi
bagian yang tidak terpisahkan.
Contoh kebiasaan buruk : meludah / membuang sampah sembarangan,
menggigit jari / benda, mengedipkan mata, merokok.
Contoh kebiasaan baik : bangun pagi, berangkat ke sekolah, berolahraga
secara teratur.
Kebiasaan yang telah terbentuk dan menjadi bagian dari kehidupan
sehari-hari sangat sulit untuk dirubah. Peranan kebiasaan dalam
kehidupan sehari-hari sangat besar, maka upaya menanamkan sikap
hidup bersih dan  sehat sedini mungkin merupakan salah satu upaya
pendidikan yang harus dilaksanakan baik di sekolah maupun dirumah.
b.  Upaya mencegah penyakit
Sebagian besar penyakit telah diketahui penyebabnya, cara pencegahan,
cara panularan, cara perawatan bagi penderita cara pengobatannya.
Pengetahuan tersebut telah menyelamatkan dan memperpanjang hidup
berjuta manusia di dunia. Tetapi keberhasilan tersebut tidak selalu dicapai
dengan mudah. Menderita atau mengidap suatu penyakit selalu identik tpukskecwonosari@yahoo.com # 6
dengan penderitaan dan sumber kerugian waktu, uang, harta benda.
Bahkan bagi yang lalai penyakit yang sebenarnya dapat dihindari  tetapi
karena sudah terlanjur menjangkiti orang tersebut harus membayar mahal
kalalaiannya bahkan mungkin sampai harus kehilangn nyawanya.
Mencegah selalu lebih mudah dan murah daripada mengobati, penting
sakali mengusahakan agar setiap orang dapat melakukan usaha
pencegahan seperti :
1)  Memelihara dan meningkatkan kebersihan, serta menjauhkan diri
dari sumber penyakit sehingga terhindar dari penularan.
2)  Memeriksakan kesehatan secara teratur, sekurang-kurangnya dua
kali setahun.
3)  Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, misal
: imunisasi, makan makanan sehat bergizi sesuai kebutuhan.
4)  Meningkatkan dan memelihara tingkat kesegaran jasmani dengan
cara berolahraga/latihan fisik, berekreasi dan istirahat yang cukup.
c.  Memelihara kesehatan pribadi
Peliharalah selalu kesehatan pribadi dengan sebaik-baiknya agar tubuh
tetap sehat mulai dari pemeliharaan kasehatan kulit, kuku, rambut, mata,
hidung, telinga, mulut, gigi dan pakaian.
1)  Menjaga kebersihan kulit
Kulit yang sehat akan dapat  menjalankan fungsinya dengan baik
sehingga perlu dipelihara kebersihannya  dengan  mandi untuk
menghilangkan kotoran yang melekat pada permukaan kulit,
menghilangkan bau keringat, merangsang peredaran darah  dan
syaraf, mengembalikan kesegaran tubuh.
Cara mandi yang baik dan benar
a)  Seluruh permukaan kulit disiram dengan air bersih,
b)  Seluruh permukaan tubuh / kulit disabun dan digosok untuk
menghilangkan kotoran yang menempel di kulit terutama
pada bagian yang lembab dan berminyak (lipatan telinga, tpukskecwonosari@yahoo.com # 7
mata kaki, ketiak, lipatan paha, jari kaki / tangan dan muka)
sampai kotoran hilang.
c)  Setelah digosok dan disabun seluruh permukaan kulit / tubuh
disiram  dengan air bersih sampai semua sia sabun yang
menempel di kulit terbung  / hilang.
d)  Keringkan seluruh tubuh dengan handuk pribadi yang bersih
dan kering.
2)  Memelihara kebersihan kuku
Kuku yang kotor dapat menjadi sarang kuman penyakit yang
selanjutnya dapat ditularkan kepada bagian tubuh yang lain, untuk
itu kuku jari kaki dan tangan harus selalu terjaga kebersihannya.
Ciri-ciri kuku yang baik :
a)  Kuku tumbuh dengan baik,
b)  Kuat,
c)  Bersih, dan
d)  Halus
Merawat kuku dapat dilakukan dengan memotong ujung kuku
sampai beberapa milimeter dari tempat perlekatan antara kuku dan
kulit serta potongan disesuaiakan dengan bentuk jari. Kikirlah tepi
kuku yang telah dipotong agar rapi dan tidak tajam. Sebaiknya
setelah dipotong kemudian dicuci, caranya : dengan air hangat,
kotoran yang ada dibawah kuku dibersihkan  dengan sikat sampai
bersih seluruhnya setelah itu keringkan dengan lap atau handuk
kecil kering dan bersih.
3)  Memelihara kebersihan rambut
Memelihara kebersihan / pemeliharaan rambut dapat dilakukan
dengan cara :
Pencucian rambut
Frekuensi pencucian rambut sangat tergantung kepada :
a)  Tebal atau tipisnya rambut, semakin tebal harus semakin sering
dicuci. tpukskecwonosari@yahoo.com # 8
b)  Lingkungan atau tempat berada seseorang, misal orang yang
tinggal di lingkungna yang banyak debu orang tersebut harus
harus lebih sering mencuci rambutnya.
c)  Orang yang sering memakai minyak rambut juga harus sering
mencuci rambutnya.
Cara mencuci rambut :
a)  Rambut dicuci dengan menggunakan bahan pembersih seperti
shampo paling sedikit dua kali seminggu secara teratur.
d)  Rambut disiram dengan air yang bersih kemudian digosok
dengan bahan pembersih (shampo).
e)  Seluruh bagian rambut dan permukaan kulit kepala digosok
dan dipijat-pijat agar kotoran yang melekat dapat terlepas dan
selanjjutnya dibilas dengan air bersih.
f)  Bila rambut masih terasa kotor gosok dengan  bahan
pembersih kembali, bilas berkali-kali dengan air bersih sampai
rambut terasa bersih ( rambut terasa kesat)
g)  Selanjutnya rambut dikeringkan dengan handuk yang bersih.

Pemangkasan dan penyisiran rambut
a)  Untuk anak perempuan
Pada waktu-waktu tertentu (misalnya 3 atau 6 bulan sekali)
rambut sebaikya dipotong atau dipangkas sesuai dengan
bentuk kepala dan selera atau model yang diinginkan.
b)  Untuk anak laki-laki
Pada anak laki-laki memangkas rambut 1-2 bulan sekali atau
menurut keadaan. Rambut disisir dengan rapi supaya tidak
kusut dan mudah dirawat.
4)  Memelihara kebersihan dan kesehatan mata
a)  Mata sebaiknya dibersihkan setiap hari tpukskecwonosari@yahoo.com # 9
b)  Sewaktu-waktu sebaiknya dibersihkan  menggunakan kapas
yang dibasahi boorwater 3 % atau air yang sudah dimasak.
Caranya ialah dengan menyapukan kapas mulai dari pinggir
terus ke arah tengah (menuju hidung).  Lalkukan berulang
sampai mata bersih.
c)  Jangan menggosok mata dengan tangan, kain atau saputangan
yang kotor atau saputangan orang lain.
d)  Periksa mata satu tahun sekali ke dokter spesialis mata atau ke
petugas kesehatan.
e)  Biasakan membaca pada tempat yang cukup terang dengan
jarak mata dan obyek yang dibaca tidak kurang dari 30 cm.
f)  Biasakan makan makanan yang banyak mengandung vitamin
A.
g)  Berikan istirahat secukupnya bila telah melakukan pekerjaan
melelahkan mata.
5)  Memelihara kebersihan mulut dan gigi
Mulut termasuk lidah dan gigi merupakan sebagian alat pencernaan
makanan. Mulut berupa suatu rongga yang dibatasi oleh jaringan
lemak di bagian belakang berhubungan tenggorokan dan di depan
ditutup oleh bibir.
Gigi terdiri dari jaringan  keras terdapat pada rahang atas dan
rahang bawah. Mulut dan gigi merupakan satu kesatuan karena gigi
terdapat di rongga mulut. Dengan membersihkan gigi berarti kita
selalu  membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan  yang
biasa tertinggal dan yang harus diperhatikan juga diantara gigi dan
sekitar gusi.
Pada waktu menyikat gigi harus diperhatikan adalah arah menyikat
gigi dari gusi ke permukaan gigi selain membersiknan gigi juga untuk
memijat gusi. Menggosok gigi sebaiknya dilakukan setelah makan tpukskecwonosari@yahoo.com # 10
dan malam sebelum tidur dengan memakai sikat pribadi jangan
bergantian dengan orang lain.
Sikat yang digunakan sebaiknya bulu sikat tidak keras tapi juga tidak
lunak, permukaan bulu sikat rata, kepala sikat kecil, tangkai sikat
gigi lurus.
6)  Memakai pakaian : yang bersih dan serasi.
Pakaian yang dimaksud disini meliputi pakaian yang erat
hubungannya dengan kesehatan : kemeja, baju, celana, rok
termasuk pakaian dalam, kaos kaki, sepatu, sandal dll.
Pakaian berguna untuk 
  melindungi kulit dari kotoran yang berasal dari luar
  membantu mengatur suhu tubuh (pakaian tebal waktu musim
dingin)
  mencegah bibit penyakit masuk ke dalam tubuh (mencegah
cacing tambang masuk lewat telapak kaki dengan memakai
alas kaki)
Hal yang perlu diperhatikan dalam hal pakaian :
a.  Pakaian hendaknya diganti
  Setiap selesai mandi
  Bila kotor atau basah karena keringat atau kena air hujan
b.  Kenakan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh
c.  Pakaian hendaknya dibedakan sesuai keperluan antara lain :
  Pakaian rumah
  Pakaian sekolah
  Pakaian untuk keluar rumah
  Pakaian olahraga
  Pakaian untuk rekreasi, resepsi / pesta
  Pakaian tidur tpukskecwonosari@yahoo.com # 11
d.  Pakaian yang telah dipakai keluar rumah hendaknya jangan
dipakai untuk tidur, karena kemungkinan terkena debu dan
kotoran
e.  Jangan dibiasakan memakai pakaian orang lain untuk
mencegah tertular penyakit (terutama penyakit kulit)

3.  Makanan yang bergizi
Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang sifatnya
berbeda tetapi saling berkaitan.
Pertumbuhan  berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah,
ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang biasanya diukur
dengan ukuran berat (kilogram), ukuran panjang (cm,meter), umur tulang dan
keseimbangan. Pertumbuhan mempunyai dampak aspek fisik.
Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi
tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diperkirakan,
sebagai hasil dari pematangan. Perkembangan berkaitan dengan pematangan
fungsi organ / individu.

Pertumbuhan pada masa anak-anak secara langsung dapat dipengaruhi antara
lain oleh faktor makanan yang cukup dan keadaan kesehatan, sedangkan
penyebab tak langsung adalah kecukupan makanan dalam keluarga, asuhan
bagi ibu dan anak, dan pemanfaatan  pelayanan kesehatan dan sanitasi
lingkungan.
Faktor langsung yang mempengaruhi pertumbuhan anak adalah gizi seimbang
yaitu makanan yang banyak mangandung zat gizi.
Zat gizi dapat dikelompokkan dalam beberapa golongan :
1.  Zat tenaga (hidrat arang / tepung, lemak)
Zat tenaga disebut zat kalori karena zat ini diperlukan oleh tubuh untuk
menghasilkan tenaga atau energi dalam bentuk kalori. Tenaga sangat
dibutuhkan tubuh untuk menggerakkan alat atau organ-organ seperti
jantung, paru-paru, otot dll. Sumber zat tenaga adalah makanan yang tpukskecwonosari@yahoo.com # 12
mengandung hidrat arang atau zat tepung, zat pati  atau karbohidrat.
Adapun jenis makanan zat ini misal : tepung, biji-bijian, beras, ubi, umbi-
umbian, ketela, roti, sagu, jagung dan gula.
2.  Zat pembangun (protein)
Zat pembangun adalah zat gizi yang diperlukan tubuh untuk membangun
atau pertumbuhan. Tubuh manusia terdiri dari bagian-bagian yang kecil-
kecil berupa sel-sel yang hidup  berkelompok membentuk organ-organ
tubuh dan bekerja sesuai fungsinya.  Sel-sel tersebut sebagian akan aus,
rusak atau mati misal waktu kulit terluka, terkena panas yang menyengat
atau terinfeksi kuman.  Sel-sel yang mati dapat berbentuk kulit
mengelupas atau nanah. Sel yang rusak perlu diganti dengan yang baru,
agar fungsi tubuh tetap berjalan normal.
Sumber zat pembangun terutama protein atau zat putih telur.
Sumber makanan zat pembangun terdiri dari sumber nabati : kacang-
kacangan (tempe, tahu dll) sumber hewani : sapi, ayam, kambing dan
ikan.
3.  Zat Pengatur (vitamin, mineral, air)
Zat pengatur adalah zat gizi yang berfungsi mengatur metabolisme
(proses kerja tubuh). Metabolisme diibaratkan ramainya lalulintas jalan
raya kalau tidak ada polantas atau lampu pengatur lalulintas tentu akan
timbul kemacetan karena semua ingin mendahului. Demikain  pula
dengan organ-organ tubuh, sehingga terjadi sinkronisasi tugas-tugas
dalam proses metabolisme tubuh. Kalau tubuh  kekurangan air, akan
terasa haus dan otak akan menyuruh tangan untuk mencari air.
Kelompok zat pengatur adalah air, vitamin dan mineral. Sumber gizi ini
banyak diperoleh dari makanan berupa sayuran dan buah-buahan.

Pengukuran pertumbuhan
Pengukuran pertumbuhan perlu dilakukan untuk menentukan apakah
tubuh kembang seseorang berjalan normal atau tidak. Anak yang sehat tpukskecwonosari@yahoo.com # 13
akan menunjukkan pertumbuhan yang optimal. Manfaat pengukuran
pertumbuhan adalah :
  Sebagai bahan informasi untuk menilai keadaan kekurangan gizi
baik yang akut maupun kronis.
  Memonitor keadaan kesehatan misal pada pengobatan penyakit
  Dasar perhitungan dosis obat dan makanan yang perlu diberikan

Untuk mengikuti pertumbuhan anak-anak SD/MI digunakan Kartu
Menuju Sehat (KMS) anak SD / MI berdasar  jenis kelamin, dimana
pengukuran secara rutin selama 4 bulan sekali oleh dokter kecil dan guru
UKS sebagai pengawas kegiatan.(PERUBAHAN PEDOMAN : STATUS
GIZI DIHITUNG DENGAN IMT : WHO 2007) revisi juli 2010
STANDAR PENILAIAN STATUS GIZI UMUR 8-18 TAHUN
BERDASAR IMT MENURUT UMUR (WHO 2007)
UMUR
(Thn)
Laki-laki  Perempuan
Kurus  Normal  Gemuk  Kurus  Normal  Gemuk
6  < 13,0  13,1 - 18,4  > 18,5  < 12,7  12,8 - 19,1  > 19,2
7  < 13,2  13,3 - 18,9  > 19,0  < 12,7  12,8 - 19,7  > 19,8
8  < 13,3  13,4 - 19,6  > 19,7  < 12,9  13,0 - 20,7  > 20,8
9  < 13,5  13,6 - 20,4  > 20,5  < 13,1  13,2 - 21,4  > 21,5
10  < 13,7  13,8 - 21,3  > 21,4  < 13,5  13,6 - 22,5  > 22,6
11  < 14,1  14,2 - 22,4  > 22,5  < 13,9  14,0 - 23,6  > 23,7
12  < 14,5  14,6 - 23,7  > 23,8  < 14,4  14,5 - 24,8  > 24,9
13  < 14,9  15,0 - 24,7  > 24,8  < 14,9  15,0 - 26,1  > 26,2
14  < 15,5  15,6 - 25,8  > 25,9  < 15,5  15,6 - 27,2  > 27,3
15  < 16,0  16,1 - 26,9  > 27,0  < 15,9  16,0 - 28,1  > 28,2
16  < 16,5  16,6 - 27,8  > 27,9  < 16,2  16,3 - 28,8  > 28,9
17  < 16,9  17,0 - 28,5  > 28,6  < 16,4  16,5 - 29,2  > 29,3
18  < 17,3  17,4 - 29,1  > 30,0  < 16,4  16,5 - 29,4  > 29,5
Cara menentukan IMT :
  BB (kg)  
IMT =     
  TB(m) x TB(m)   tpukskecwonosari@yahoo.com # 14
b.  Pelayanan Kesehatan :
Pelayanan kesehatan di sekolah diutamakan pada upaya meningkatkan kesehatan
(upaya promotif) dan upaya pencegahan penyakit (upaya preventif) serta upaya
penyembuhan dan pemulihan (kuratif dan rehabilitatif) yang dilaksanakan melalui
kegiatan :
  Peningkatan Kesehatan (promotif), dilaksanakan  melalaui kegiatan intra
kurikuler dan penyuluhan kesehatan serta latihan ketrampilan oleh tenaga
kesehatan disekolah : kegiatan penyuluhan gizi, kesehatan pribadi, penyakit
menular, cara menggosok gigi yang benar, cara mengukur tinggi dan berat
badan, cara memeriksa ketajaman penglihatan.
  Pencegahan (preventif) dilaksanakan melalaui kegiatan peningkatan daya
tahan tubuh, kegiatan mata rantai penularan penyakit dan kegiatan
penghentian proses penyakit pada tahap dini sebelum timbul penyakit :
Imunisasi yang dilakukan oleh petugas puskesmas, pemberantasan sarang
nyamuk, pengobatan sederhana  oleh dokter kecil, kegiatan penjaringan
kesehatan (srining kesehatan) bagi siswa kelas I yang baru masuk dan
pemeriksaan berkala setiap 6 bulan bagi seluruh siswa.
  Penyembuhan dan pemulihan (kuratif dan rehabilitatif) dilakukan melalui
kegiatan mencegah komplikasi dan kecacatan akibat proses penyakit dan untuk
meningkatkan kemamapuan peserta didik yang cedera / cacat agar dapat
berfungsi normal. Kegiatan dapat berupa pengobatan ringan untuk
mengurangi derita sakit, pertolongan pertama di sekolah serta rujukan medik
ke puskesmas, kasus kecelakaan, keracunan atau lain kondisi yang
membahayakan nyawa dan kasus penyakit khusus.

Secara garis besar kegiatan pelayanan kesehatan di SD dan MI adalah :
1.  PENYULUHAN KESEHATAN
Penyelenggaraan penyuluhan kesehatan  secara integrasi dengan semua pihak
sesuai kebutuhan.  Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan
praktis  dalam rangka pemutusan rantai penularan penyakit, upaya
pemeliharaan kesehatan pribadi siswa / guru yang ditekankan pada upaya tpukskecwonosari@yahoo.com # 15
pembentukan perilaku hidup besih dan sehat, maupun lingkungan fisik sekolah
untuk mendukung terciptanya suasana yang sehat dalam proses pembelajaran.
Contoh kegiatan : Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), pemberantasan
kecacingan, pencegahan terhadap penyalahgunaan NAPZA  (Narkotika,
Psikotropika dan Zat Adiktif)
2.  IMUNISASI
Setiap tahun Imunisasi dilakukan pada bulan november yang dikenal sebagai
bulan imunisasi asan sekolah (BIAS). Tujuan pemberian imunisasi adalah untuk
memberikan perlindungan jangka panjang terhadap penyakit difteri dan
tetanus dengan imunisasi Difteri Tetanus Toxoid (DT) dan Tetanus Toxoid
(TT). Semua anak SD/MI kelas I menerima imunisasi DT, siswa kelas VI
menerima imunisasi TT.

3.  DOKTER KECIL
Adalah peserta didik yang ikut melaksanakan sebagian usaha pelayanan
kesehatan serta berperan aktif dalam kegiatan kesehatan yang diselenggarakan
di sekolah.
Peserta didik yang dapat menjadi dokter kecil telah menduduki kelas IV, V,
berprestasi di kelas, berwatak pemimpin, bertanggungjawab, bersih,
berperilaku sehat serta telah mendapat pelatihan dari petugas puskesmas / Tim
Pembina UKS.
Kegiatan yang dilakukan dokter kecil diantaranya :
a.  Mengamati kebersihan dan kesehatan pribadi
b.  Mengenali penyakit secara awal
c.  Pengobatan sederhana
d.  Menimbang dan mengukur tinggi badan
e.  Memeriksa ketajaman penglihatan
f.  Memeriksa kebersihan gigi
g.  dll
4.  P3K dan P3P tpukskecwonosari@yahoo.com # 16
Kegiatan yang dilakukan pada PP adalah melakukan pengobatan sederhana
dan PP baik pada penyakit, kecelakaan dan penanganan diare.
5.  PENJARINGAN KESEHATAN
Penjaringan kesehatan dilakukan  bagi siswa kelas I yang baru masuk dan
hasilnya akan dimanfaatkan untuk perencanaan, pemantauan dan evaluasi
kegiatan UKS.
Inti dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui secara dini masalah-masalah
kesehatan  anak sekolah, antara lain status gizi anak, kesehatan indra
penglihatan dan pendengaran yang merupakan faktor penting bagi anak
dalam proses pembelajaran.
Penjaringan kesehatan dilakukan secara bertahap pada siswa sekolah yang baru
masuk yaitu :
a.  Tahap awal penjaringan dilakukan di sekolah oleh guru di bantu dokter
kecil : pengenalan gejala sederhana, baik melalui pengamatan maupun
wawancara dengan siswa dan orangtua mereka.
b.  Tahap berikutnya dilakukan oleh tenaga paramedis dengan prosedur cara
pengamatan.
c.  Tahap ketiga penjaringan kesehatan dilakukan oleh dokter dan akan jelas
memisahkan kasus yang telah  diseteksi pada tahap pertama dan kedua
untuk menetapkan tindak lanjut penanganan kasus.
6.  PEMERIKSAAN BERKALA
Pemeriksaan berkala dilakukan oleh petugs kesehatan, guru UKS, dokter kecil
kepad seluruh siswa dan guru setiap 6 bulan, untuk memantau, memellihara
serta meningkatkan status kesehatan mereka.
Kegiatan yang dilakukan berupa penimbangan BB, pengukuran TB,
pemeriksaan ketajaman penglihatan dan pendengaran oleh guru UKS dengan
dokter kecil, pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan.
7.  PENGAWASAN WARUNG SEKOLAH
Untuk  terselengggaranya warung sekolah/kantin yang sehat tentunya harus
didukung oleh pengetahuan dan ketrampilan mengenai gizi, kebersihan dll, tpukskecwonosari@yahoo.com # 17
pembinaan ini dilakukan oleh tenaga kesehtan dan sekolah : guru UKS dan
dokter kecil.
8.  DANA SEHAT
Dana sehat / dana UKS adalah dana yang diperuntukkan untuk kegiatan yang
berhubungan dengan pelaksanaan UKS. Komponen pokok dari dana UKS
adalah hal yang berhubungan dengan dana tersebut dan pengelolaannya.
a.  Dana
Yang dimaksud dana disini adalah uang atau barang yang diterima atau
dikumpulkan oleh Tim Pelaksana UKS baik dari peserta didik, komite
sekolah, pemerintah maupun dari masyarakat untuk  pelaksanaan
program UKS di sekolah.
b.  Pengelola
Pada organisasi Tim Pelaksana UKS harus ada bendahara yang bertugas
melakukan pembukuan/pengelolaan dana UKS yang dicatat/dibukukan
dalam buku khusus untuk pendanaan UKS
c.  Pengelolaan dana UKS
Dana yang diperoleh dan digunakan oleh Tim Pelaksana UKS  harus
dikelola dengan baik. Untuk keperluan tersebut maka harus ditetapkan
bendahara (guru atau anggota Komite sekolah)  untuk menyiapkan
pembukuan yang meliputi pencatatan alihan dana dan barang,
bagaimana cara pertanggungjawabannya dan pelaporannya.
9.  MEMANTAU KESEGARAN JASMANI
Kesegaran  jasmani adalah kondisi jasmani yang bersangkut paut dengan
kemampuan dan kesanggupannya berfungsi dalam pekerjaan secara optimal
dan efisisen.
Untuk mengetahui dan menilai tingkat kesegaran jasmani seseorang dapat
dilakukan dengan melasanakan pengukuran dengan tes kesegaran jasmani.
Dengan memakai instrumen Tes Kesegaran Jasmani Indonesia.
TKJI untuk kelompok umur 6 – 9 tahun adalah :
1.  Lari 30 meter (mengukur kecepatan) tpukskecwonosari@yahoo.com # 18
2.  Gantung siku tekuk (mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan dan
bahu)
3.  Baring duduk 30 detik (mengukur kekuatan dan ketahanan otot perut)
4.  Loncat tegak (mengukur tenaga explosif)
5.  Lari 600 meter (mengukur daya tahan jantung paru)

TKJI untuk kelompok umur 10 – 12 tahun adalah :
1.  Lari 40 meter (mengukur kecepatan)
2.  Gantung siku tekuk (mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan dan
bahu)
3.  Baring duduk 30 detik (mengukur kekuatan dan ketahanan otot perut)
4.  Loncat tegak (mengukur tenaga explosif)
5.  Lari 600 meter (mengukur daya tahan jantung paru)

10.  UKGS
Usaha Kesehatan Gigi Sekolah adalah pelayanan kesehatan gigi yang dikerjakan
oleh petugas kesehatan yang terdiri dari tiga macam pelayanan :
a)  UKGS Tahap I  :  pendidikan dan penyuluhan kesehatan gigi dan
mengadakan kegiatan menggosok gigi masal
minimal untuk kelas I,II,III dibimbing guru dengan
memakai pasta gigi mengandugn fluoride minimal
sekali sebulan.
b)  UKGS Tahap II  :  UKGS tahap I ditambah penjaringan kesehatan gigi
dan mulut untuk kelas I diikuti pencabutan gigi
sulung yang sudah waktunya tanggal. Pengobatan
darurat untuk menghilangkan rasa sakit oleh  guru,
pelayanan medik dasar atas permintaan dan
rujukan bagi yang memerlukan
c)  UKGS Tahap III  :  UKGS tahap II ditambah  pelayanan medik dasar
pada kelas terpilih sesuai kebutuhan untuk kelas
I,III,V dan VI tpukskecwonosari@yahoo.com # 19

c.  Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat :
Pengertian dari lingkungan sekolah sehat adalah meliputi lingkungan fisik, mental
dan sosial dari sekolah yang memenuhi syarat-syarat kesehatan sehingga dapat
mendukung untuk tumbuh kembangnya perilaku hidup sehat secara optimal.

1.  Aspek Fisik
Aspek bangunan sekolah, peralatan sekolah, perlengkapan sanitasi yang
memenuhi syarat-syarat kesehatan dan pemeliharaan serta pengawasan
kebersihannya meliputi :
a.  Penyediaan air bersih
b.  Pemeliharaan penampungan air bersih
c.  Pengadaan dan pemeliharaan air limbah
d.  Pemeliharaan WC / Kamar Mandi
e.  Pemeliharaan kebersihan dan kerapihan ruang kelas, perpustakaan, ruang
serbaguna, ruang olahraga, ruang UKS, ruang laboratorium, ruang ibadah
f.  Pemeliharaan kebersihan dan keindahan halaman dan kebun sekolah
(termasuk penghijauan sekolah)
g.  Pengadaan dan pemeliharaan warung / kantin sekolah
h.  Pengadaan dan pemeliharaan pagar sekolah.
2.  Aspek Mental
Melalui usaha pemantapan sekolah sebagai lingkungan pendidikan dengan
meningkatkan pelaksanaan konsep ketahanan sekolah (7K)  sehingga tercipta
suasana dan hubungan kekeluargaan yang erat antar sesama warga sekolah :
a.  Bakti sosialmasyarakat sekolah terhadap lingkungan
b.  Perkemahan
c.  Darmawisata
d.  Musik, olah raga
e.  Kepramukaan, PMR, Kader Kesehatan
f.  Lomba Kesenian dan olahraga
 tpukskecwonosari@yahoo.com # 20
KETENTUAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG BERSIH DAN SEHAT
1.  Gedung
a.  Bersih tidak ada kotoran dan sampah
b.  Lantai, meja, dinding dan langit-langit bersih
c.  Dinding dan sarana belajar tidak dicoret-coret
d.  Ventilasi baik, tidak pengap dan lembab
e.  Cahaya penerangan cukup yaitu dapat untuk membaca dan menulis tanpa bantuan
penerangan lain bila cuaca terang
f.  Sinar datang dari arah kanan dan kiri
g.  Langit-langi dan dinding kuat dan rapi
h.  Penataan ruangan rapi
2.  Warung/kantin sekolah
a.  Selain dari makanan gedung kantin juga harus memenuhi kriteria gedung seperti
diatas.
b.  Ada perabot dan peralatan warung yang sesuai kebutuhan
c.  Ada tempat pembuangan sampah dan air limbah yang memenuhi syarat kesehatan
dan berfungsi baik
d.  Makanan dan minuman yang disajikan bersih, bergizi dan memnuhi syarat
kesehatan serta penyajian menarik
e.  Jauh dari  wc, jamban dan tempat penampungan sampah sehingga bebas dari
gangguan bau yang kurang sedap
3.  Sumber air bersih, air minum
a.  Jarak tempat pembuangan sampah, air limbah dan kakus minimal 10 meter
b.  Air memenuhi syarat kesehatan jernih, tidak berbau, tidak berwarna dll
c.  Tersedia air minum yang sudah dimasak dalam jumlah yang cukup

4.  Tempat cuci tangan
a.  Bersih, tidak kotor dan tidak berlendir
b.  Terbuat dari bahan anti karat dan mudah diberihkan
c.  Dilengkapi dengan sabun dan lap tangan
d.  Jumlah sesuia dengan kebutuhan( 1 tempat cuci tangan tiap kelas) tpukskecwonosari@yahoo.com # 21
5.  Kamar mandi, jamban dan peturasan
a.  Bersih, tidak nampak kotoran
b.  Lantai tidak tergenang air dan tidak licin
c.  Tidak menimbulkan bau yang tidak sedap
d.  Dinding kamar mandi bersih tidak dicoret-coret
e.  Bak penampungan air bersih, tidak kotor dan tidak berlumut, tidak ada jentik
nyamuk
f.  Jamban, peturasan tidak tersumbat dan dapat dipakai dengan baik
g.  Ventilasi baik, tidak pengap, tidak lembab
h.  Cahaya dan penerangna cukup sehingga semua yang ada diruangan dapat dilihat
jelas
i.  Langit-langit, dinding dan pintu kuat dan rapi
j.  Persediaan air bersih yang menculkkupi kebutuhan
k.  Tersedia perlengkapan yang terawat baik, bersih dan tidak membahayakan (gayung
tidak terbuat dari kaleng yang tajam dan berkarat)
l.  Jumlah memadai
m.  Tersedia alat  dan bahan pembersih
6.  Pembuangan sampah
a.  Tersedia tempat pembuangan sampah di setiap ruangan
b.  Tersedia bak / tempat penampungan sampah yang memenuhi syarat kesehatan
antara lain : bebas lalat dan serangga, dapat menampung sampah dengan bak, tidak
menimbulkan bau letaknya jauh dari gedung sekolah (kelas, warung sekolah)
c.  Tempat pembuangan sampah dan air limbah tidak dekat dengan sumber air bersih (
jarak minimal 10 meter)
7.  Pembuangan air limbah
a.  Ada saluran air hujan dan air limbah yang lancar dan tidak tergenang
b.  Air limabh tidak mencemari sumber air bersih
c.  Tempat penampungan  air limbah tidak menimbulkan bau, tidak menjadi sarang
nyamuk dan letaknta jauh dari sumber air bersih( jarak minimal 10 meter) dari
gedung sekolah
 tpukskecwonosari@yahoo.com # 22
8.  Halaman
a.  Tidak ada genangan air dan tidak berdebu
b.  Bebas dari bangunan, benda, tanaman yang berbahaya
c.  Ada tanaman perindang penghijauan dan tanaman hias
d.  Halaman ditata dengan baik, bersih indah dan serasi
e.  Ada bagian yang dipergunakan untuk upacara bndera, senam dan bermain
f.  Ada saluran pembuangan air yang berfungsi baik
9.  Pagar sekolah
a.  Pagar dapat melindungi seluruh sekolah
b.  Pintu pagar berfungsi dengan baik
c.  Pagar terbuat dari bahan baku atau tumbuhan yang kuat
d.  Pagar terawat baik, bersih dan serasi
10.  Kebun sekolah
a.  Kebun ditanami dan ditata secara teratur, bersih dan rapi
b.  Dapt dimanfaatkan sebagai tempat petrnakan, perkebunan, perikanan, tanaman
produktif dan apotik hidup
c.  Dipergunakan sebagai sarana pembelajaran
d.  Tidak terdapat benda-benda dan tanaman yang membahayakan
e.  Tidak menjadi sarang nyamuk

Juga dilaksanakan program PHBS pada tatanan pendidikan : tpukskecwonosari@yahoo.com # 23

PHBS TATANAN PENDIDIKAN

1.  Menggunakan jamban yang bersih dan sehat
2.  Menggunakan air bersih, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
3.  Lingkungan sekolah dalam keadaan bersih, pengelolaan sampah dan bebas jenting
4.  Tersedia UKS dan pemeriksaan kesehatan secara berkala
5.  Menjadi anggota dana sehat
6.  Tidak merokok
7.  Adanya siswa yang menjadi dokterkecil/kader kesehatan
8.  Tersedianya kantin/warung sekolah yang sehat.
(ada form pemetaannya : konfirmasi ke Puskesmas)


SEKOLAH PROMOSI KESEHATAN (HEALTH PROMOTING SCHOOL)

Menurut WHO, terdapat 6 ciri-ciri utama dari suatu sekolah untuk dapat menjadi sekolah yang
mempromosikan / meningkatkan kesehatan, yaitu :
1.  Melibatkan semua pihak yang berkaiatan dengan masalah kesehatan sekolah, yaitu
perseta didik, orangtua, tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.
2.  Berusaha keras menciptakan lingkungan sehat yang aman, meliputi :
a.  sanitasi dan air yang cukup,
b.  bebas dari segala macam bentuk kekerasan,
c.  bebas dari pengarus negatif dan Penyalahgunaan zat-zat berbahaya,
d.  suasana yang mempedulikan pola asuh, rasa hormat daan percaya,
e.  pekarangan sekolah yang aman, dan dukungan masyarakat yang sepenuhnya.
3.  Memberikan pendidikan kesehatan sekolah dengan :
a.  Kurikulum yang mampu maningkatkan sikap dan perilaku peserta didik yang positif
terhadap kesehatan, serta dapat mengmbangkan berbagai ketrampilan hidupvyang
mendukung kesehatan fisik, mental, sosial,
b.  Memperhatikan pentingnya pendidikan dan pelatihan untuk guru dan orangtua. tpukskecwonosari@yahoo.com # 24
4.  Memberikan akses (kesempatan) untuk dilaksanakannya pelayanan kesehatan disekolah
yaitu :
a.  Penjaringan, diagnosa dini, pemantauan perkembangan, imunisasi serta pengobatan
sederhana,
b.  Kerjasama dengan puskesmas setempat,
c.  Adanya program-program makanan bergizi dengan memperhatikan keamanan
makanan
5.  Menerapkan  kebijakan-kebijakan dan upaya-upaya disekolah untuk mempromosikan /
meningkatkan kesehatan yaitu :
a.  Kebijakan yang didukung oleh seluruh staf sekolah termasuk mewujudkan proses
belajar mengajar  yang dapat menciptakan lingkungan psikososial yang sehat bagi
seluruh masyarakat sekolah,
b.  Kebijakan dalam memberikan pelayanan yang adil untuk seluruh siswa,
c.  Kebilakan-kebijakan dalam penggunaan rokok, penyalahgunaan narkoba termasuk
alkohol serta pencegahan segala bentuk kekerasan.
6.  Bekerja keras untuk ikut atau berperan serta meningkatkan kesehatan masyarakat, dengan
:
a.  Memperhatikan adanya masalah-masalah kesehatan masyarakat, dengan :
b.  Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kesehatan masyarakat.
c.  Dapat dikatakan suatu sekolah dinyatakan sebagai “Health Promoting School” atau
“Sekolah Promosi Kesehatan” adalah apabila seluruh program UKS dilaksanakan
dengan baik pada sekolah tersebut.